Jumat, 23 Januari 2015

Mengidentifikasi Dan Mengapresiasi Karya Seni Rupa Murni Mancanegara 3 Dimensi (Patung)



Judul Karya                                         : Liberty Enlightening the World, lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty dalam bahasa Indonesia

Pencipta                                               : Frédéric Auguste Bartholdi, Gustave Eiffel, Richard Morris Hunt, Eugène Viollet-le-Duc

Bentuk Karya                                      : 3D (Patung)

Media/ Teknik Pembuatan                 : Terbuat dari Tembaga, Besi tempa, dan Baja serta menggunakan Teknik cor

Corak/ Gaya/ Aliran Karya                : Representatif

Deskripsi Singkat                                : adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.
Sejarah                                                 : Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.

Pendapat Kelompok                           : Patung Liberty, Semua tahu bahwa patung ini merupakan salah satu landmark paling terkenal di Amerika Serikat. Patung ini merupakan salah satu dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.




Judul Karya                                         : Patung Pieta

Pencipta                                               : Michelangelo (1498-1499)

Bentuk Karya                                      : 3D (Patung)

Media/ Teknik Pembuatan                 : Terbuat dari Perunggu menggunakan Teknik Cor

Corak/ Gaya/ Aliran Karya                : Representatif

Deskripsi Singkat                                : adalah sebuah patung marmer karya Michelangelo yang terletak di Basilika Santo Petrus di Roma, Italia yang merupakan karya pertama dari sekian banyak karya dengan tema yang sama oleh Michelangelo.

Sejarah                                                 : Patung tersebut dibuat sebagai monumen di makam cardinal Perancis Jean de Billheres, tetapi kemudian dipindahkan ke lokasinya yang sekarang, kapel pertama di kanan basilika pada abad ke-18. Karya ini menggambarkan tubuh Yesus di pelukan ibunya Maria setelah penyaliban Yesus.

Pendapat Kelompok                           : Patung tersebut sangat artistik.




Judul Karya                                         : Christ the Redeemer

Pencipta                                               : Paul Landowski, Heitor da Silva Costa, Albert Caquot

Bentuk Karya                                      : 3D (Patung)

Media/ Teknik Pembuatan                 : Teknik pahat

Corak/ Gaya/ Aliran Karya                : Representatif

Deskripsi Singkat                                : Patung Kristus Penebus adalah patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brasil.
Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap ke kota.
Patung ini menjadi simbol umat Kristen, dan menjadi simbol kebanggaan kota. Tangan patung ini yang terbuka dilihat banyak orang sebagai tanda dari kehangatan penduduk Brasil

Sejarah                                                 : Gagasan untuk membangun sebuah patung yang besar di puncak Corcovado telah muncul sejak pertengahan 1850-an, ketika imam Katolik Pedro Maria Boss meminta dana dari Putri Isabel untuk membangun sebuah monumen keagamaan yang besar. Untuk menarik para penyumbang, yang kebanyakan berasal dari Katolik Brasil. Rancangan-rancangannya dipertimbangkan untuk "Patung Kristus" termasuk sebuah representasi dari salib Kristen, sebuah patung Yesus dengan bola dunia di tangannya, dan sebuah pedestal yang melambangkan dunia. Akhirnya patung Kristus Sang Penebus dengan tangan yang terbuka yang dipilih.

Pendapat Kelompok                           : Bentuk patungnya artistic dan patung ini merupakan salah satu finalis 7 keajaiban dunia yang baru.




Judul Karya                                         : Patung David

Pencipta                                               : Michelangelo

Bentuk Karya                                      : 3D (Patung)

Media/ Teknik Pembuatan                 : Terbuat dari Marmer

Corak/ Gaya/ Aliran Karya                : Representatif

Deskripsi Singkat                                : Patung David adalah simbol dari Kota Firenze dan merupakan karya Michelangelo yang paling terkenal. Patung ini sering disebut sebagai The David.

Sejarah                                                 : David adalah sebuah patung adi karya pada abad Renaisans yang dibuat antara tahun 1501 sampai tahun 1504 oleh seniman Italia, Michelangelo. Patung ini terbuat dari marmer dan memiliki tinggi 5.17 meter (17 kaki). Patung ini merepresentasikan Daud, subjek yang disenangi dalam seni Firenze. Awalnya patung ini diminta sebagai salah satu dari serangkaian patung nabi di sepanjang garis atap dari ujung timur Katedral Firenze, namun patung ini justru ditempatkan di alun-alun di luar Palazzo della Signorina, kursi pemerintahan sipil di Firenze, dimana patung ini akhirnya diresmikan pada 8 September 1504. Patung ini dipindahkan ke Accademia di Belle Arti di Firenze pada tahun 1873, sedangkan di lokasi asli digantikan oleh sebuah patung replika.

Pendapat Kelompok                           : Di usia muda sang seniman telah membuat semua orang kagum dengan karyanya. Namun, patung ini pernah dipindahkan karena perlahan-lahan mulai hancur




Judul Karya                                         : Patung Merlion atau Singa Laut

Pencipta                                               : Fraser Brunner

Bentuk Karya                                      : 3D (Patung)

Media/ Teknik Pembuatan                 : Terbuat dari campuran semen

Corak/ Gaya/ Aliran Karya                : Representatif

Deskripsi Singkat                                : Merlion atau Singa laut adalah patung yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa.

Sejarah                                                 : Merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997. Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1972. Merlion tetap menjadi lambang merek dagangnya hingga sekarang. Ia juga seringkali muncul dalam suvenir yang disetujui oleh STB. Patung asli Merlion berdiri di mulut Sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa.

Pendapat Kelompok                           : Ada lima Merlion resmi yang disetujui oleh Badan Pariwisata Singapura, yaitu dua di Merlion Park (karya pematung Lim Nang Seng, selesai 1972), sebuah Merlion yang lebih kecil dan yang lainnya adalah Merlion yang utama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar